Pencari Kerja atau Pencari Kera?

Hal yang sudah biasa terjadi di masa sekarang untuk berburu pekerjaan. Setelah mngikuti JobExpo yang dilaksanakan oleh seuah EO yang baru saya tahu (kenal), maka saya dapat mengambil beberapa hasil pemikiran dan perenungan fakta sejarah yang ada di Indonesia sehingga telah menjadi fenomena yang sangat lumrah yaitu : pengangguran.

Sangat ironi memang kalau termasuk dalam komunitas tersebut. Beberapa pemikiran yang hedak dituangkan antara lain adanya sikap dari sebagian besar masyarakat Indonesia yang engan dalam membentuk pekerjaan (wirausaha) dan sulitnya mengembangkan keilmuan di lapangan. Satu pertanyaan lain yang sangat menggelitik, apakah kajian yang telah didapat di bangku sekolah atau Universitas sangat sulit diaplikasikan dengan dunia nyata?

Mengenai hal tersebut, saya sempat berdiskusi dengan seorang senior yang telah dan sangat berpengalaman di bidang pertanian (khususnya). Beliau merupakan kakak angkatan di UNPAD dulu, beda sekitar dua tahunan. Sementara itu saat beliau menunggu wisuda, beliau telah dipanggil oleh perusahaan perkebunanan sawit terbesar yang ada di Indonesia. Sungguh luar biasa bahagianya saya sebagai ade angkatan sekaligus bangga, karena seorang senior saya mampu bergerak cepat sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Sungguh luar biasa, disaat yang lain sedang menyibukkan diri dengan penelitiannya beliau sungguh mantap untuk langsung bekerja di perkebunan tersebut, dengan kepaa yang sedikit plontos, karena telah melalui masa training.

Beliau menceritakan semua pengalaman pahit serta manisnya mengikuti test dan seleksi di perkebunan tersebut. Malah beliau juga sempat menjanjikan pekerjaan untuk saya, apabila lulus pas 4 tahun. Dan memang betul, saya lulus On Target. Alhamdulillah.

Kembali ke isi diskusi, beliau menceritakan bahwa ilmu yang di dapat di perguruan tinggi hanya 2% sementara sisasnya merupakan softskill dan keahlian kita dalam mengembangkan serta memanage diri.

Mungkin itulah yang menjadi kambing hitam para JobSeeker. Penelolaan diri. Sangat jarang ditemukan. Jangan Sampai menjadi Kera dan pencari kera…

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s