POPULASI MIKROBA PELARUT FOSFAT, P TERSEDIA DAN KONSENTRASI P TANAMAN SERTA HASIL TANAMAN PADI GOGO (Oryza sativa L.) YANG DIPENGARUHI MIKROBA PELARUT FOSFAT DAN PUPUK P PADA ULTISOL JATINANGOR.

ABSTRAK

Mohamad Dion Tiara, 2009. Populasi Mikroba Pelarut Fosfat, P Tersedia dan Konsentrasi P Tanaman Serta Hasil Tanaman Padi Gogo (Oryza sativa L.) yang Dipengaruhi Mikroba Pelarut Fosfat dan Pupuk P pada Ultisol Jatinangor. Dibimbing oleh : Tamyid Syammusa dan Betty Natalie Fitriatin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pangaruh mikroba pelarut fosfat (MPF) dan pupuk P terhadap populasi MPF, P tersedia, konsentrasi P tanaman serta hasil tanaman padi gogo (Oryza sativa L.) pada Ultisol Jatinangor yang telah dilakukan di rumah kaca Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Jatinangor dengan ketinggian tempat sekitar 752 m di atas permukaan laut (m.dpl).

Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial, terdiri dua faktor dengan enam belas kombinasi dan tiga ulangan. Faktor pertama adalah isolat MPF (tanpa mikroba, Pseudomonas sp., Penicillium sp., serta campuran Pseudomonas sp. dan Penicillium sp.) dan dosis pupuk fosfat (tanpa pupuk P, 50 kg P2O5/ha, 75 kg P2O5/ha dan 100 kg P2O5/ha). Percobaan dibuat dengan dua unit, dimana unit I untuk mengetahui populasi MPF, P-tersedia, konsentrasi P tanaman sementara itu unit II untuk mengetahui hasil tanaman padi gogo.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara isolat MPF dengan pupukP terhadap populasi MPF, P tersedia, konsentrasi P tanaman dan hasil tanaman padi gogo pada Ultisol Jatinangor. Secara mandiri perlakuan isolat MPF memberikan pengaruh yang nyata terhadap P tersedia dan konsentrasi P tanaman, sementara itu pupuk P berpengaruh nyata terhadap konsentrasi P tanaman. Inokulasi MPF dan pupuk P tidak berpengaruh terhadap populasi MPF. Inokulasi campuran Pseudomonas sp. dan Penicillium sp. menunjukkan pengaruh yang terbaik terhadap P tersedia serta konsentrasi tanaman. Dosis 75 kg P2O5/ha menunjukkan pengaruh terbaik terhadap P tersedia. Inokulan Penicillium sp. dan dosis 100 kg P2O5/ha menunjukkan pengaruh yang terbaik terhadap konsentrasi P tanaman.

4 Comments

Filed under Penelitian dan Skripsiku

4 responses to “POPULASI MIKROBA PELARUT FOSFAT, P TERSEDIA DAN KONSENTRASI P TANAMAN SERTA HASIL TANAMAN PADI GOGO (Oryza sativa L.) YANG DIPENGARUHI MIKROBA PELARUT FOSFAT DAN PUPUK P PADA ULTISOL JATINANGOR.

  1. apabila memerlukan referensi serta diskusi tentang mikroba pelarut fosfat..silakan hubungi FB (mohamad dion tiara), twitter, plurk atau langsung di Blog saya ini.

    • okay..mbak maslian, kalau mengenai perbandingan antara pupuk kimia dengan hayati disesuaikan dengan rekomendasi (kimia)…sementara itu dosis untuk pupuk hayati biasanya memiliki standar tersendiri.. biasanya standar untuk formula pupuk hayati antara 50%, 75 % dan 100% dari rekomendasi..Sementara itu kaitannya dengan MPF harus ada uji patogenitas serta daya tumbuh mikroba yg akan diuji..Selama penelitian, saya menemukan indikasi dari golongan fungi pelarut fosfat (khususnya penicilium) mempunyai kinerja yg lebih baik dalam melarutkan unsur P dibanding dengan BPF, dikarenakan memiliki hifa dan halozone yang lebih luas..Intinya, coba tentukan dulu dosis rekomendasi pupuk kimia setelah itu sesuaikan dgn ketersediaan dan daya tumbuh MPF karena pupuk kimia yg ada merupakan sumber nutrisi bagi MPF itu sendiri..akan tetapi semakin tinggi kandungan pupuk kimia..akan berpengaruh negatif terhadap populasi MPF sehingga kualitas pelarutan P menurun..

    • kang, saya mahasiswa faperta unpad 2008 mau penelitian ttg BPF dan ultisol jatinangor untuk tanaman kelapa sawit.
      bisa minta beberapa referensi?
      mohon kesediaaannya membantu, hatur nuhun.
      kirim ke email: ands_gabe@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s